Pages - Menu

Kunci Keberhasilan Belajar Menjahit

Assalamualaikum wr., wb
salah satu kegiatan belajar menjahit


Melihat tingginya trafic untuk beberapa artikel saya mengenai kursus menjahit, maka kali ini saya ingin membagikan sedikit pengalaman saya agar teman-teman semakin bersemangat untuk belajar menjahit :)

Dulu ketika saya masih kursus menjahit, Mama saya sempat heran kok bisa-bisanya saya satu-satunya diantara saudara-saudara saya yang kepikiran buat belajar jahit menjahit. Terus beliau cerita bahwa dulu ternyata beliau juga pernah kursus menjahit tapi nggak bisa bisa, akhirnya nggak lanjut deh. Masa saya menuruni "bakat" Mama saya? Sejujurnya di dalam keluarga saya itu sama sekali tidak ada yang bisa menjahit, termasuk Mama saya. Beliau pernah belajar namun akhirnya menyerah. Btw, saya termasuk orang dengan keinginan belajar hal-hal baru yang sangat tinggi. Saya selalu tertarik untuk belajar apapun, dan saya percaya setiap orang pasti mempunyai bakat atau kelebihan dari Yang Maha Kuasa. Tapi saya juga percaya bahwa bakat bukan penentu keberhasilan satu-satunya. Saya percaya apa yang dikatakan Thomas A. Edison mengenai bakat dan usaha seseorang. Monggo di googling sendiri ya. Makanya meskipun tidak ada background keluarga penjahit sama sekali saya tetap pergi belajar menjahit.


Jadi sebenarnya apa sih penentu keberhasilan kita belajar menjahit?
Faktor penentu  utama dari belajar menjahit adalah TELATEN DAN SABAR .
Yups, makanya kebanyakan yang bisa menjahit dengan bagus itu Ibu-ibu bukan anak-anak muda. Karena yah itu tadi, kebanyakan anak-anak muda itu kurang telaten. Maunya biar cepat bisa. Padahal menjahit yang bagus itu harus paham dasar-dasar menjahit dan terutama paham pola. Untuk tingkat kehalusan dan kerapian jahitan itu murni ditentukan oleh jam terbang kita dalam melakukan praktik menjahit. Sedangkan secara garis besar proses belajar menjahit itu yang paling mendasar yang harus dipahami adalah mengenai pembuatan pola baju. Kalau hanya sekedar bisa-bisaan menjahit kamu nggak perlu repot-repot kursus, di youtube juga banyak tutorial menjahit. Bahkan sampai sekarang juga saya masih terus belajar juga lewat youtube. 
Saya dulu tidak pernah membayangkan saya sampai bisa semahir sekarang keahlian menjahitnya :D
Alhamdulillah bahkan sampai menjadi mata pencaharian utama saya, sebagai modal saya membuka usaha juga. Lah wong dulu saya nggak pernah pegang mesin jahit sama sekali. Lihat mesin jahitnya aja ngeri kalau jari-jari ku ini kena jarum. Bikin blus simpel saja dulu rasanya susah banget, sekarang mau bikin gaun pesta pun oke saja.

Ternyata pola pikir saya selama ini benar, selama ada kemauan untuk berusaha, mau belajar apapun kita pasti bisa kok. Termasuk belajar mengemudikan pesawat :D

Wassalamualaikum wr., wb



2 komentar:

  1. Artikel anda sangat inspiratif,,sy suka,,dan banyak hal yang bisa sy ambil hikmahnya,,sy laki2,surabaya,,,ingin belajar menjahit jg,,ya untuk buka usaha jg nantinya,,bisa minta rekomendasi tempat kursus jahit yang pas,,dg biaya yg gk terlalu mahal? Terima kasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk rekomendasi sih saya akan merekomemdasikan Arva school. Mahal karena mereka membuat sistem pembelajaran dimana itu adalah sebuah karya, yang memang ada harganya. Sedangkan kalau harga terjangkau bisa ke kursus perorangan atau pribadi yang sarjana tata busana Unesa yang punya usaha jahit juga mas. Bagus2 menurut saya.. kalau yang lainnya sy kirang tahu soalnya sy belajarnya ya di Arva 😊

      Hapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...