Pages - Menu

Review [Indonesia] : ELFORMULA 28 Days Acne , Pemakaian Sekitar Satu Bulan Di Kulit Berjerawat

Assalamualaikum Wr., Wb..

Kali ini saya mau me-review Skincare Korea lagi. Nama brand-nya ELFORMULA. Sudah Pernah dengar brand ini apa belum?? Review ini bakal cukup panjang. Tapi postingan ini gak akan menjelaskan detail tentang kemasan dll, tapi lebih ke cerita pengalaman saya selama memakai produk ini selama sebulanan. Btw, sebelumnya saya mau ngasih liat wajah saya ketika break out ya (maaf kalau menimbulkan rasa nggak nyaman). Kalau mau memperbesar gambarnya tinggal di klik di gambarnya aja yah....

Ini foto pasca umroh. Sebenernya pada waktu itu breakout seluruh wajah.
tapi karena saya sendiri ngeri ngliatnya, makanya hanya ada foto separuh wajah

Jadi, pada postingan ini saya akan membagi penjelasan hasil pemakaian produk ini kedalam tiga kurun waktu yang berbeda, yaitu:
  1. Sebelum umroh
  2. Saat umroh
  3. Setelah umroh
Kenapa kok setelah dan sebelum umroh? Karena perbedaannya cukup signifikan dan menarik untuk ditulis. So, klu penasaran silakan lanjutin bacanya ya.... :)

1. Periode Sebelum Umroh

Saya sudah pernah menulis di postingan saya yang sebelumnya, saya katakan bahwa beberapa tahun terakhir ini saya sudah jarang sekali jerawatan, meskipun saat periode haid pun saya jarang banget jerawatan (padahal wajah saya ini dari SMP sudah acne prone). Nah kebetulan banget, waktu paketan produk ELFORMULA 28 Days Acne ini tiba, wajah saya sedang agak merah-merah, sedikit beruntusan karena salah pakai produk skincare. Tapi beruntusannya gak separah foto diatas. Bruntusannya tuh seperti ini:

Merah-merahnya memang agak tidak tertangkap kamera ya meskipun 
sudah pakai flash..Ini ada jerawatnya juga di dagu, cuma nggak ke-foto. 07/01/2020

Karena wajah saya merah-merah gitu akhirnya saya langsung exciting nyobain produk ELFORMULA yang varian 28 Days Acne Relief Repairing Solution. Nah ternyata besok paginya merah-merahnya langsung lenyap, ajaib... wkwkwkk...
Ini Foto saya setelah dua hari pemakaian:

Setelah 2 hari pemakaian, Jerawat batu di dagu masih ada.Tapi merah-merahnya sudah benar-benar terhempas... Wajah bareface, cuma pakai lipstik
09/01/2020

Dan setelah saya pakai terus produk ini, hasilnya wajah saya malah semakin bagus. Wajah saya terasa lebih halus, lebih lembab, pori-pori terasa lebih mengecil, dan sedikit lebih cerah. Dibawah ini foto saya setelah beberapa hari memakai ELFORMULA 28 days acne:

Maaf wajah yang ala kadarnya hehehe...
Ini jerawat di dagu sudah benar-benar hilang. Tinggal bekas hitamnya.
13/01/2020
Jadi result dari pemakaian ELFORMULA 28 Days Acne untuk kasus jerawat ringan, sudah bisa terlihat dalam kurun waktu satu minggu-an. Tapi, rencananya saya mau bereksperimen memakainya selama 28 hari seperti yang ditulis di kemasannya dan melihat hasilnya bagaimana, meskipun jerawat saya sudah hilang. Ternyata rencana saya harus terkendala oleh keberangkatan umroh saya sejak tanggal 21 Januari 2020 - 30 Januari 2020. Kenapa saya bilang kendala, karena saya pasti gak akan bisa maksimal ngerawat kulit saat umroh. Banyak faktor, antara lain faktor waktu, karena disana itu fokusnya ibadah dan sering banget di dalam perjalanan, jadi kulit agak terbengkalai. Selain itu tentu saja tidak semua skincare saya bawa. Faktor iklim & cuaca yang berbeda juga bisa berpengaruh ke kulit saya yang sensitif ini. Untuk itu, selama periode umroh pembahasannya bakal saya pisah di pembahasan yang ke-dua.

2. Periode Saat Umroh

Jadi sebenarnya saat umroh wajah saya tidak banyak terganggu. Meskipun terdapat perbedaan suhu yang cukup ekstrim. Waktu saya umroh di bulan Januari kemarin, cuaca di Mekkah terutama di Madinah lumayan dingin dan kering. Dinginnya bisa tembus 5 derajat Celcius. Nggak seberapa dingin mungkin untuk beberapa orang tapi cukup dingin buat saya. Dan cukup membuat kulit pecah-pecah, yah setidaknya itu yang saya liat dari beberapa bapak-bapak yang kulitnya terlihat cukup parah sampai berdarah-darah dan lecet.
Kalau saya alhamdulillah banget hanya tumit saja yang agak pecah-pecah, tapi gak sampai lecet. Untuk beberapa bagian badan yang rawan terkena eksim saya sudah sedia Dermovate dari rumah, dan saya pakai hampir setiap hari selama umroh karena sempat gatal-gatal juga.
Baru dihari kelima wajah saya mulai bereaksi. Sebelumnya saya nggak terlalu peduli bahkan membersihkan wajah sebelum tidur saja sering gak sempat. Karena fokus saya cuma menjaga kondisi tubuh supaya tetap fit, agar bisa melakukan ritual umroh dengan lancar. Nah dihari kelima setelah selesai melakukan rukun umroh, saya baru sadar kalau mulai muncul jerawat batu satu dihidung. Dan mulai ada ruam-ruam merah meski sedikit banget, terus wajah kerasa kering banget dan keriput-keriput halus jadi terlihat lebih jelas (FYI, saya umur 30an). Jadi awalnya saya yang gak fokus sama sekali sama wajah, santuy-santuy, kemudian mulai panik. Kalau malam sempet-sempetin banget bersihin wajah, cuci muka, pakai toner, pakai serum ELFORMULA, pakai krim Dermovate juga diwajah, dan terakhir saya oles-oles juga sama minyak zaitun karena saya gak bawa pelembab wajah.. Jadi waktu perjalan pulangnya di hari ke-tujuh wajah udah much better.
Hari ke-dua umroh. Foto sama sekali nggak saya edit 

Hari ke-lima umroh.. Wajah saya kering banget. Udah kaya nenek-nenek :"(


Hari ke-tujuh umroh. Mau menuju ke bandara untuk siap-siap pulang ke Indonesia.

Untuk periode selama masa umroh sampai disini aja. Next lanjut ke pembahasan yang pasca umroh... Bagian yang paling menegangkan wkkkwkkkkk.....

3. Periode Setelah Umroh

Perjalanan pulang ke Surabaya, dari Bandara Jeddah saya harus transit ke Jakarta dulu karena saya pakai agen travel dari Jakarta. Dari Jakarta baru lanjut penerbangan ke Surabaya. Dan selama perjalanan sekitar 15 jam ini, sama sekali saya nggak membersihkan muka. Tapi walaupun begitu wajah saya setelah beberapa hari masih baik-baik saja. Sampai akhirnya di hari ke-lima pasca umroh wajah saya, nggak tau kenapa tiba-tiba jadi seperti ini:

Kondisi wajah pasca umroh (pipi kiri). 06/02/2020

Awalnya kulit terasa gatel-gatel gitu, terus lama-lama muncul beruntusan seperti gitu diseluruh wajah saya. Di beberapa spot bahkan ada jerawat mendem alias jerawat batu nya. Jujur, kali ini saya tidak tau sama sekali penyebabnya apa. Karena tidak ada sama sekali skincare yang saya ganti. Pun saya tidak sedang mencoba produk baru. 

Untungnya saya sudah terbiasa banget dengan kondisi seperti ini, karena memang dari kecil sudah terbiasa jerawatan. Saya sudah nggak terlalu panik. Karena yakin skincare saya bukanlah biang kerok penyebab bruntusan ini, maka saya tetap melakukan ritual skincare routin saya seperti biasanya. Bahkan saya sempat memakai ELFORMULA ini di waktu siang juga, padahal biasanya cuma malam hari saja. Alhamdulillah setelah beberapa hari benar saja keadaaan wajah saya mulai membaik. Meskipun masih belum pulih seperti semula.

Perkembangannya setelah 11 hari. Memang masih kusam banget, 
dan masih ada beberapa jerawat aktif di pipi sebelah kanan. 
Pori-pori wajah juga keliatan lebih besar.
Tapi yang penting banget sih, bruntusannya udah reda. Tinggal bekas-bekasnya saja
yang PR banget buat diilangin... 17/02/2020


Perkembangannya setelah 19 hari. Pipi kanan bruntusannya sudah reda.
Merah-merah sudah lumayan hilang meskipun belum 100%. Jerawat yang tadinya mendem,
sudah mulai keluar putih-putihnya. Tinggal tunggu kempes dan mengering.
Saat kondisi jerawat seperti ini, jangan pernah sekalipun di pegang-pegang, apalagi di pencet-pencet!!
25/02/2020


Perkembangannya setelah 22 hari. Pipi kanan jerawat yang meradang sudah kempes, tapi jerawat yang mendem di sebelahnya sepertinya bakal meradang juga, we will see.
Pipi kiri merah-merahnya sudah 100% hilang, tapi kaya nya bakal ada jerawat muncul lagi tuh 1 spot
28/02/2020
Saya memang sudah sekitar satu bulanan memakai produk ELFORMULA ini. Akan tetapi, hasilnya masih belum bisa dikatakan valid 28 hari ya, karena kendala saya harus bepergian ke luar negeri juga. Sehingga menyebabkan ada faktor lingkungan yang tidak normal yang mempengaruhi jika dibandingkan ketika saya memakainya hanya di Indonesia saja. Untuk itu saya akan memakainya 28 hari lagi tapi terhitung dari sejak saat saya start bruntusan pasca umroh. Dan saya akan update lagi postingan ini setelah 28 hari.
 Update hari ke 31. Pipi kanan - kiri setelah jerawat kempes, ternyata malah muncul lagi di beberapa spot. Tapi hari ini sudah benar-benar kempes semua. Untuk bekas jerawat yang hitam-hitam ternyata tidak bisa hilang dalam 28 hari..
Setelah muncul jerawat lagi di beberapa spot, saya menyadari bahwa pemakaian Elformula saya kebanyakan. Oleh sebab itu, untuk kamu yang kulitnya lumayan sensitif kaya saya, pakai serum Elformula ini tipis-tipis aja. Pokoknya basah n rata gitu aja udah cukup. Setelah saya kurangi dosis pemakaiannya, ternyata beneran jerawat malah lebih kalem, gak muncul-tenggelam lagi. 
09/03/2020
Wajah bareface (cuma pakai lipstik) tampak depan. Not a perfect face, sih... 
Tapi masih jauh lebih baik ketimbang bruntusan atau jerawatan, heheheh. So, di syukuri aja...


ABOUT ELFORMULA 28 DAYS ACNE

Karena blogger-blogger lain sudah banyak yang membahas detail tentang produk ini, jadi saya tidak akan membahasnya banyak. Karena saya yakin informasi terpenting buat kamu itu resultnya di kulit saya kan??? :P
Tapi saya tunjukin aja sekilas bentuk dari produk ini biar gak dikira hoax :D

Dalam 1 box itu terdapat 4 botol dan ada 1 pipet. Pipet ini terbuat dari plastik karet,
jadi bisa di pencet untuk mengontrol seberapa banyak produk yang ingin dipakai.
Saya sudah memakainya sebanyak 2 botol. Dan per botol nya, 
bisa saya pakai sampai 3 minggu pemakaian.

Nah kalau kamu mau tau detail tentang produknya, kamu bisa cek ke websitenya, KLIK langsung di ELFORMULA.COM dan kamu juga bisa cek official instagramnya di @elformula.id 

TIPS BUAT KAMU YANG LAGI BERJERAWAT

  • Buat kamu yang lagi berjerawat jangan sekali-sekali dipencet jerawatnya, karena selain akan menimbulkan scar, jerawatmu juga bakal semakin lama sembuhnya.
  • Jangan sering-sering ngaca dan selfie. Selain bakal bikin kamu tambah stres, pingin mencet,  dan jerawat malah makin banyak, kepercayaan diri kamu juga bakal menurun drastis.
  • Kamu harus sabar dan telaten menggunakan produk penyembuh jerawat ini. Karena Elformula ini bukan hanya menyembuhkan jerawat secara perlahan tapi dia juga memeperbaiki tekstur kulit kamu pasca jerawat kempes atau sembuh (setidaknya itu yang saya rasakan).
  • Untuk kamu yang kulitnya kering kaya saya, tapi jerawatan, jangan lupa banget selain menggunakan ELFORMULA ini kamu juga harus wajib pakai pelembab wajah yang cocok buat kulit kamu. Karena ketika kulit terhidrasi dengan baik, maka kulit akan semakin sehat dan kuat melawan bakteri jerawat. Selain itu kulit yang terhidrasi dengan baik juga bisa membantu regenerasi kulit berjalan normal, artinya bekas jerawat kamu bakal lebih cepat hilang. (setidaknya itu juga yang saya rasakan)
  • Untuk pemakaian serum ELFORMULA 28 days Acne ini lebih bagus digunakan dimalam hari saja. Terkhusus buat kamu yang kulitnya sensitif kaya saya. Karena saya pernah mencoba memakainya saat siang hari hasilnya tidak sebagus saat saya gunakan ketika malam hari (sebelum tidur). Untuk siang hari cukup gunakan skincare simpel agar tidak menyumbat pori-pori. Kalau saya biasanya cuma pakai toner dan sunscreen/sunblock saja. Tapi ini preferensi sih, cuma saran saja...
Oke sekian dulu review dari saya. Kalau ada yang perlu saya tambahkan lagi, postingan ini bakal saya update terus.


Terimakasih sudah mampir di blog saya...
Salaam...............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...